Maret 29, 2011

Ketika masalah mendera


Referensi buku "Sebelum jauh-jauh mencari solusi, Perbaiki shalat kita
oleh : Sulthan Hadi



Rasul bersabda : "Yang pertama kali dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat ialah shalatnya. Jika shalatnya lurus (khusyu' dan benar) maka luruslah semua amalnya. Tetapi jika ia rusak, maka rusaklah seluruh amalnya" 
[HR. Ath-Thabrani]

Bismillahirrahmanirrahiim..
Memang, bukan hidup namanya kalau tidak ada masalah. Sebab kemenangan, kesuksesan, kebahagiaan, semua itu pasti didahului oleh masalah. Tidak ada orang yang merasakan kemenangan tanpa melakukan pengorbanan dan perjuangan. Sedang pengorbanan dan perjuangan pasti dipenuhi dengan tantangan. Tak ada yang disebut sukses kalau tidak ada ujian, cobaan dan rintangan. Dan semua itu adalah masalah.


Kesibukan kita sehari-hari dalam melakukan aktifitas yang begitu banyak menyita perhatian, waktu dan energi, melahirkan problem dalam perilaku, sifat dan karakter. Karena kesibukan itu bersaing dengan persoalan yang membuat tingkat kejenuhan dan stress yang begitu tinggi, serta jiwa yang kering dan lelah.

Kondisi ini mendorong kita melakukan refresh diri, melakukan hal-hal yang menyenangkan, beraktifitas yang memberi kesenangan seperti, berwisata, berpetualang, nonton, makan, atau hanya sekedar ingin sendiri. Itu adalah bagian dari cara kita menyelesaikan persoalan hidup, dan semakin banyak orang yang melakukannya.


Namun mencari solusi dengan cara ini tidak memberi jaminan penyelesaian yang maksimal. Sebab keberadaan kita di tempat yang segar dan menyenangkan itu hanya sebentar, beberapa saat saja. Setelah itu, kita akan kembali dengan rutinitas dan tanggung jawab baru yang mungkin jauh lebih berat. Karena itu, meskipun baik, kita tetap harus mencari penyelesaian yang lebih tepat, yang bisa terus memberi penyegaran pada jiwa kita dalam jangka waktu yang panjang.

Jawabannya ada pada shalat. Ya, Sholat.Ia adalah seremoni spektakuler yang meghubungkan kodrat ke'masalahan' kita sebagai makhluk yang banyak masaLah, dengan qudrah Allah sebagai sumber segala maslahat, mata air dari segala mata air kebaikan dan solusi.

Di situ ada saat-saat terindah penghambaan, Disitu ada saat-saat jiwa memuncaki kejujurannya, Disitu ada lautan pengharapan yang tak pernah sesak menampung segala bahasa munajat.
Tak perlu jauh-jauh, Ambillah kebahagian itu disini. Tak perlu jauh-jauh, Beristirahatlah disini. Tak perlu jauh-jauh, Cobalah nikmati kecintaan sejati disiniTak perlu jauh-jauh, Gugurkan dosa-dosa itu disini. Tak perlu jauh-jauh, Disinilah posisi terdekat kita dengan Allah. Tak perlu jauh-jauh, Rengkuh rasa aman dan tenteram disiniTak perlu jauh-jauh, Mengadulah disiniDisini, dengan Sholat..


Ayoo, perbaiki sholat, sholatku, sholatmu, sholat kita
"..saat kita bisa menikmati sholat dengan benar maka takkan ada niat ingin meninggalkannya atau bahkan  menunda-nunda dalam mengerjakannya.."
Makassar, Maret 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

your Comment??