Februari 17, 2011

Jodoh Ditangan Siapa ???

Bismillahirrahmanirrahiim..
yah, postingan kali ini ingin cerita perihal jodoh. Acara Mario Teguh Golden Waysepisod. 13 februari 2011 kemarin bercerita jodoh. topiknya Jodoh ditangan siapa? waktu itu ga sempat nonton, Alhamdulillah..kemarin siang akhirnya bisa jg nonton VideoStreaming nya..dan ternyata, Subhanallah Kereeen..SUPER SEKALI..Terutama bagi siapapun yg mungkin sudah "sangat serius" memikirkan masalah pernikahan dan pendamping hidup yang “pas”, pasti akan sangat mudah mengikuti satu topik ini..hhe^^



*Bukan jodohnya yang Anda fikirkan sekarang, tetapi menjadilah diri yang sepantas-pantasnya bagi belahan jiwa yang sebaik-baiknya dan kalau kita sulit menemukan orang-orang untuk dicintai, perbaiki dulu cara kita dalam hidup ini, supaya kita lebih mudah di datangi cinta*
-Mario Teguh-

Bercerita tentang jodoh, qt diberi hak penuh untuk mendapatkan yg qt inginkan. Qt diberi kebebasan untuk memilih. Hanya saja, walaupun kita yang memilih, Tuhanlah yang jd penentu sgalanya. Sesungguhnya Allah menghendaki agar qt berusaha mencari dan menemukan jodoh terbaik kita masing-masing. kita diberi kebebasan sepenuhnya utk berkehendak, tetapi kembali lagi, hasil akhirnya bukan hanya ditentukan oleh upaya manusia itu sendiri melainkan Allah lah yg sangat berperan utk menentukan hasilnya. Karena Dialah yg akan memantaskan kebaikan diri qt dengan kebaikan pendamping hidup qt. Jadi Yg qt lakukan hanyalah Bagaimana kita berupaya agar menjadi pribadi dengan karakter yg baik. 

"..Jadilah pribadi yg SIAP untuk dikenalkan oleh tuhan kepada belahan jiwa kita.."
-Mario Teguh-

Belahan jiwa qt sudah dilahirkan dan sekarang sedang jalan2 ga tau dimana dan ketika qt sudah siap, qt pasti akan dipertemukan dengannya. Berdoalah mudah-mudahan belahan jiwa kita adalah org yg sedang meningkatkan kualitas, makanya qt juga harus mnjadi orang yg mningkatkan kualitas diri.

Memperbaiki diri termasuk salah satu ikhtiarnya, tp harus ada usaha yg lainnya jg, bkn hanya sekedar "menunggu dan menunggu". Seperti Kata Mario Teguh "Bukan jodohnya yang kita fikirkan sekarang, tetapi menjadilah diri yang sepantas-pantasnya bagi belahan jiwa yang sebaik-baiknya tp jangan lupa lalu bergaullah, bagaimana kita bisa ditemukan kalau tidak bergaul, dan bagaimana bisa dipilih kalau tidak kelihatanMaka Itulah gunanya silaturahmi. Asalkan, pergaulan/interaksinya itu tetap dalam koridor yg benar.. :)

"..Karena itu, berusahalah untuk menemukannya. Tampilkanlah diri, jangan berdiam diri dan bersembunyi, kemudian keluarlah dengan cara yang baik, perbanyaklah silaturahami, dan perbaiki diri kita sesuai kriteria yang kita harapkan. Agar Tuhan tidak lagi berkata 'tunggu', tapi menyetujui, karena kita memang telah siap menjalaninya.."

Ada dua doa yang disampaikan oleh Pak Mario Teguh, yg kurang lebihnya adalah seperti ini.
  1. Ya Allah berilah aku jodoh yg rupawan , yg mapan, yg setia dan menyayangi aku agar bahagia dan terjamin masa depanku
  2. Ya Tuhan isilah hatiku dgn kasih sayang, baikkanlah rezekiku, elokkan pekertiku agar aku bisa membahagiakan jiwa yg akan kau jodohkan denganku
Memang Tak ada yang salah dengan kedua doa itu. Namun kata Pak Mario doa yang pertama hanya berfokus pada kesenangan pribadi (dirinya), sedangkan doa yang kedua tak hanya berfokus untk kebahagiaan pribadi orang yg berdoa, tp dia juga mnengharapkan kebahagiaan belahan jiwa yg dijodohkannya nanti. Yaaah, boleh dibilang Doa pertama terkesan sperti doa orang yg egois, krn hanya mementingkan dirinya sendiri. Tidak peduli bagaimana dirinya, Asalkan jodohnya mencintai Allah, mencintai dia karena cintanya pada Allah, dan dapat membimbing dia di jalanNya. Tanpa bercermin melihat bagaimana kelebihan dan kekurangannya. Dan berharap pasangannya adalah yang terbaik untuk dirinya. 

Jadi ingat juga, Pernyataan M.Faudzil Adhim Penulis Buku "Kupinang Engkau dengan Hamdalah", bahwa
"..Sebelum Menetapkan Kriteria,
Kita hendaknya mengaca diri terlebih dulu sebelum menetapkan kriteria tentang pendamping hidup yang kita harapkan. Agaknya tidak realistis kita menuntut agar mendapatkan pendamping hidup yang sempurna, sementara ilmu diniyyah kita masih 'kedodoran' dan akhlak pun masih compang-camping .."


Intinya adalah bila qt brharap mndpatkan sesuatu yg baik bagi qt, maka qt jg harus mampu menyadari sejauh mana kualitas pribadi dan jiwa qt agar qt mnjadi seseorg yg layak mendpatkan kebaikan. Qt jngan hanya terfokus pada kesenangan diri qt sendiri atau pada sesuatu yang sangat kita idealkan bagi hidup qt. karena sesungguhnya sesuatu yang baik tidak akan layak untuk qt bila qt tidak berusaha  menjadi pantas buatnya. yah, ini yg dinamakan hukum kepantasan, sangat sesuai dgn yg dijelaskan dalam AlQuran juga, bahwa :

“ Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang .baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik. 
(Qs. An Nur:26)

Nah, Saat qt mnentukan pilihan, bagaimana agar qt yakin bahwa qt sdh brada di jalan yg tepat?  Mengenai itu, Mario teguh mengajak qt supaya Yakin bahwa Tuhan maha adil, maka berdoalah , dekatkanlahlah diri kepada tuhan, berserahlah. Pasanglah mata, hati pendengaran dan keseluruhan kemampuan qt utk mengerti, menemukan pria/wanita yg akan membaikkan kehidupan qt, dan yg akan qt baikkan kehidupannya.

"marilah kita memohon agar tuhan memuliakan kita dengan pilihan-pilihan kita"
-Mario Teguh-

Jika mungkin qt khawatir mngenai rezeki, peganglah ungkapan sederhana bhwa dgn berkarakter baik saja, itu sudah rezekiBila menjadi pribadi yg baik sudah rezeki, selanjutnya memohonlah mudah-mudahan tuhan memasangkan qt dgn belahan jiwa yg sdh ditumbuhkan, dibangunkan, dan sudah dinasehati langsung olh tuhan utk mnjadi jiwa yg akan memuliakan qt dlm kluarga2 yg damai , yg sjahtera dan yg brnilai bagi sesama dan alam. amiin.

Wallahu a'lam bis showab

***


"..Akulah yang memilih tp Engkau sebaik-baiknya penyelesai masalah, Engkaulah yg mewakili aku dlm mengambil keputusan maka putuskanlah yg baik bagiku, krn aku ingin membahagiakan dan melihat belahan jiwa itu.."

05.10
..Menunggu Pagi..
- 17Februari 2011-


6 komentar:

  1. wah.. tulisannya subahnallah sekali.

    malam ini sya ngerasa mendapat kultum dari 2 pembicara sekaligus, mbak Mutie dan pipi.

    thanks for sharing yah. keep on going.. :D

    BalasHapus
  2. hahahai.
    saling berbagi k'..
    samoga brmanfaat ya.. :)

    BalasHapus
  3. hiks...suka mbak pipiiii....sesuai bgt buat qt2 yg blom pnya soulmate...hahaa...^^

    BalasHapus
  4. suka gambarnya yang diatas kk.. keren..

    BalasHapus
  5. subhanallah.. super sekali mbak... :')

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum mb Phipi, salam kenal dari Palembang.. senang bs tersesat di blog ini, smga bs memberi kekuatan dan kekonsistenan kpd qt dan mereka yg masih menanti jodoh terbaiknya untuk terus memantaskan diri..

    BalasHapus

your Comment??