September 18, 2010

izinkan aku mencintaiMu..

Tuhanku,
Aku masih ingat, saat pertama dulu aku belajar mencintai-Mu
Lembar demi lembar kitab kupelajari
Untai demi untai kata para ustadz kuresapi
Tentang cinta para Nabi
Tentang kasih para sahabat
Tentang kerinduan para syuhada
Lalu kutanam di jiwa dalam-dalam..
 
Ya Allah,
Berbilang detik, menit, jam, hari, pekan, bulan, dan kemudian tahun berlalu
Aku berusaha mencintai-Mu dengan cinta yang paling Utama, NAMUN
Aku masih juga tak menemukan cinta tertinggi untuk-Mu
Perkenankanlah aku mencintai-Mu sebisaku
 
Illahi,
Aku tak sanggup mencintai-Mu
Dengan kesabaran menanggung derita
Umpama Nabi Ayyub, Musa, Isa, hingga Muhammad
Karena itu izinkzn aku mencintai-Mu
Melalui keluh kesah pengaduanku pada-Mu
Atas derita batin dan jasadku
Atas sakit dan ketakutanku
Rabbi,
Aku tak sanggup mencintai-Mu seperti Abu Bakar,
yang menyedekahkan seluruh hartanya dan hanya
meninggalkan Diri-Mu dan Rasul-Mu bagi pribadi dan keluarga
Atau layaknya Umar yang menyerahkan separo harta demi jihad
Atau Ustman yang menyerahkan seribu ekor unta untuk syiarkan Din-Mu
Maka perkenankanlah aku mencintai-Mu semampuku
Melalui seratus dua ratus perak yang terulur pada tangan-tangan kecil di perempatan jalan
Pada wanita-wanita tua yang menadahkan tangan di pojok-pojok jembatan
Pada makanan-makanan sederhana yang terkirim ke handai tolan
 
Ya Rahman,
Aku tak sanggup mencintai-Mu dengan khusyuknya shalat
Seperti salah seorang sahabat Rasul-Mu, hingga tak hirau dia pada anak panah musuh yang terhujam di kakinya
Karena itu Ya Allah, perkenankanlah aku tertatih menggapai cinta-Mu,
Dalam shalat yang coba kudirikan terbata-bata
Meski ingatan kadang melayang ke berbagai permasalahan dunia
Ya Rahim,
Aku tak sanggup mencintai-Mu di atas segalanya,
Bagai Ibrahim yang rela tinggalkan putra dan zaujahnya
Maka izinkanlah aku mencintai-Mu di dalam segala
Perkenankanlah aku mencintai-Mu dengan mencintai keluargaku
Dengan mencintai sahabat-sahabatku
Dengan mencintai manusia dan alam semesta
Allahu Rahmaanurrahiim, Illahi Robbi
Perkenankanlah aku mencintai-Mu semampuku
Agar cinta itu mengalun dalam jiwaku
Agar cinta ini mengalir di sepanjang nadiku..
Di salin dari buku Hari Ini Aku Makin Cantik karya Azimah Rahayu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

your Comment??